Mengenal Metode Montessori untuk Pendidikan Anak Usia Dini

Sebagian masyarakat perkotaan terutama kota besar seperti Jakarta, Bekasi, Bandung mungkin sudah mengenal Metode Montessori untuk anak. Nah lebih lengkap lagi Apa sih sebenarnya Metode Montessori yang sering disebut akhir-akhir ini ?

 

Sejarah Singkat Metode Montessori

Montessori adalah suatu metode yang diperkenalkan oleh penemunya yaitu Dr. Maria Montessori. Metode ini diperkenalkan di Italia pada abad 19, awalnya yaitu pendekatan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus dengan keadaan ekonomi orang tua yang kurang. Maria Montessori berpendapat bahwa untuk anak dengan usia dibawah 6 tahun akan terasa lebih baik dalam belajar melalui sesuatu yang dapat dirasakan langsung, hal ini dikemukakan juga oleh Vidya D Paramita selaku praktisi Montessori dan Co-Founder Sekolah Montessori Rumah Krucil yang berlokasi di Kota Bekasi

Vidya yang sering disapa Bu Vidya oleh murid-muridnya menjelaskan bahwa fase awal di 5 tahun usia anak adalah masa keemasan yang sangat baik untuk anak mendapat stimulasi.

 

Konsep dasar Montessori

Konsep yang diusung Montessori ini adalah “follow the child” yaitu yang bertujuan memaksimalkan potensi pada anak pada bidang yang disukainya. Ini memang sangat berbeda dengan metode konvensional yang mengharuskan anak  mahir di segala bidang.

Terkadang sebagai orang tua sering memaksakan semua bidang pada anak agar dikuasai, tetapi pada saat anak tidak tertarik maka anak akan terlihat tidak pintar pada bidang tersebut.

Montessori memberikan pendekatan  pada anak untuk bisa mengoreksi kelalaian atau kesalahan yang dibuatnya, serta memberi kesempatan anak melakukan pekerjaan sesuai dengan ritmenya sendiri. Memperlakukan anak dengan rasa hormat/respect dan berperan sebagai orang tua yang mendukung lingkungan si anak.

Jadi Metode ini menyesuaikan dengan minat serta ketertarikan anak pada suatu bidang. Inilah yang membuat metode ini menjadi efesien dan efektif. Selain mampu memaksimalkan potensi anak, metode Montessori ini  memiliki manfaat bagi anak pada usia dini

Prinsip Dasar Montessori

  • Pendekatan Individu dalam belajar
  • Pepaduan pendidikan akademik dan sosial
  • Konsep abstrak yang disajikan secara nyata
  • Menumbuhkan rasa keingintahuan anak dan memicu anak agar berani bereksplorasi
  • Keterampilan yang diajarkan akan mudah ditearapkan dalam keseharian

5 Bidang Utama pada Metode Montessori

  1. Kehidupan Sehari-hari
  2. Kemampuan Berbahasa
  3. Konsep Matematika
  4. Budaya
  5. Sensorik

Untuk 5 bidang utama Montessori ini telah kami terapkan di Sekolah Montessori Rumah Krucil. Bagi pendidikan anak usia dini metode ini sangat efektif dan sesuai bagi anak

Manfaat Pendidikan dengan Metode Montessori

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari Montessori untuk anak usia dini

  1. Melatih Kemampuan Motorik Anak

Pada usia keemasan anak, MOntessori bertujuan melatih dan mempertajam saraf motorik anak, baik tiu motorik kasar maupun halus. Hal ini yang menjadi pembeda pada anak-anak yang lain, karena anak-anak montessori memiliki kemampuan motorik yang lebih baik daripada  mereka yang pembelajarannya konvensional

 

  1. Menanamkan Kemandirian

Alangkah senangnya, jika si kecil dapat tumbuh menjadi mandiri, nah Salah satu kurikulum pada montessori yaitu Practical Life dapat menumbuhkan kemandirian pada anak. Di metode ini anak akan dilatih untuk menyelesaikan tugasnya tanpa bantuan orangtuanya.

Beberapa materi yang terdapat pada practical life di Kelas Bermain Rumah Krucil diantaranya, menyiapkan minum dan makan, belajar mengikat tali sepatu, belajar bercocok tanam, Mencuci gelas dan piring, untuk lebih lanjut silakan kunjungi IG kami @rumahkrucil

  1. Melatih Mencari Solusi

Pada pembelajaran montessori, materi yang diberikan dapat menstimulus anak untuk terbiasa mencari solusi dari masalah yang dhadapi. Walaupun masalah itu hanya berupa permainan yang sederhana, tapi hal itu mampu melatih mereka dalam mencari solusinya. Jalan pikiran si kecil jadi lebih terbuka untuk penyelesaiannya.

 

  1. Anak Menjadi Kreatif

Dibandingkan meetode konvensional, Montessori lebih terbuka dan lebih bebas. Materi yang terdapat pada montessori ini diciptakan agar memicu kreativitas anak. Hal inipun yang juga harus didukung sebagai orang tua agat tidak banyak membatasi ruang gerak anak saat bermain dan belajar.

Metode Montessori ini walaupun bebas akan tetapi orang tua harus mendampingi anak agar dapat terkendali dan terarah. Bagi anak-anak yang memiliki kebebasan ruang gerak akan menjadi pribadi yang kreatif saat tumbuh dewasa.

 

  1. Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi Anak

Anak-anak yang mendapat pendidikan Montessori akan memiliki kelebihan dapat bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, mudah bekerja sama serta memiliki toleransi yang baik. Karena kecerdasan anak tidak melulu dinilai dari akademiknya, maka kemampuan bersosialisasi anak merupakan hal yang penting diperhatikan.

Dengan melihat pola pendidikan atau pembelajaran yang sesuai dengan minat anak, Metode Montessori dapat menjadi pilihan yang baik untuk perkembangan kemampuannya. Rumah Krucil menyediakan semuanya, baik untuk pendidikannya yaitu Sekolah Montessori Rumah Krucil dan juga ada Kelas Bermain di akhir pekan. Silakan hubungi nomer telepon yang tertera untuk informasi lebih lanjut

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *